IBX5980432E7F390 - Blog Anjello
Anda mungkin sudah banyak mendengar tentang cara meningkatkan penghasilan AdSense, karena banyak blog yang sudah membahas tentang hal ini. Tapi Anda mungkin tidak menyadari beberapa strategi yang akan meningkatkan penghasilan AdSense Anda sebagai pemula. Baiklah, berangkat dari pengalaman saya akan berbagi dengan anda.




Bagaimana strategi jitu meningkatkan penghasilan adsense?

Ini khusus pemula, tapi sebaiknya dilakukan dari awal. Menghasilkan uang dari Google AdSense itu mudah, tidak perlu keahlian tertentu tentang investasi atau mahir membuat uang secara online menggunakan AdSense. Yang cukup kita lakukan adalah menulis dan menulis saja.

Anda bisa lihat sendiri bahwa dalam tab earning/penghasilan pasti bertambah setiap hari. Yang menjadi pertanyaan adalah berapa peningkatannya? Saya tidak berbicara muluk-muluk.

Apakah cukup puas dengan penghasilan yang segitu-gitu saja? Jujur, di awal-awal memasang kode unit iklan adsense pertama, saya membutuhkan waktu 8 bulan mendapatkan gaji adsense perdana. Dan uang yang saya dapatkan adalah batas minimal ambang pembayaran. Yaitu 100 dolar koma sekian.

Baiklah, ini berdasarkan pengalaman saya yang mungkin bisa menjadikan Anda untuk lebih meningkatkan penghasilan adsense. Jadikan patokan untuk tidak lebih dari 8 bulan seperti yang pernah saya alami pertama kalinya.

Strategi konten Untuk Trafik blog

Saran saya, Anda jangan terlalu ambil pusing memikirkan penghasilann adsense dulu. Pikirkanlah waktu dibawah 8 bulan untuk membuat konten dan menghasilkan trafik. Tidak hanya ratusan pengunjung setiap hari, tetapi ribuan pengunjung unik setiap hari.

Yang menjadi pertanyan, apakah ini berat bagi anda?

Meskipun ada lebih banyak alternatif untuk meningkatkan penghasilan Google AdSense, tetapi cara dan strategi yang saya gunakan adalah untuk mencapai penghasilan konstan.

Itu artinya penghasilan anda akan mengalir terus menerus, bahkan lebih banyak dan mencapai batas minimal yang saya bisa peroleh, dari 8 bulan semenjak gajian adsense pertama kali.

Sederhana saja…

Untuk meningkatkan penghasilan AdSense Anda sebagai pemula, yang Anda butuhkan adalah content rich site. yaitu membuat konten yang berkualitas dan banyak bermanfaat bagi banyak orang. Dalam arti memberikan penngertian secara jelas dan mampu memberikan nilai informatif bagi pengunjung.

Ini yang harus anda buat dalam konten anda.

Menemukan dan membuat konten populer di niche Anda.
Membuat konten jauh lebih bagus dari blog lain.
Membuat promosi yang tepat sasaran.
Itu 3 modal yang harus anda lakukan dalam menulis konten, perhatikan untuk setiap artikel bisa memberi nilai lebih bagi pengunjung dan sekiranya banyak memberikan manfaat.

Langkah selanjutnya adalah untuk memperoleh dan mendapatkan trafik sebanyak-banyaknya….

Strategi SEO untuk konten dan meningkatkan trafik

Optimisasi SEO (Search Engine Optimation)  adalah kunci untuk meningkatkan penghasilan AdSense Anda. Tanpa SEO, akan membutuhkan waktu berbulan-bulan dan bahkan sampai tahunan untuk mendapatkan lalu lintas yang layak dari Google.

TIdak perlu optimasi yang berlebihan pada artikel anda, karena google tidak suka over dalam SEO. Setidaknya anda perlu memahami bagian penting dalam blog anda ,agar mudah terbaca di mesin pencari.

Baca : Penerapan SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog

meningkatkan penghasilan adsense
Trafik blog klik mania
Ini trafik yang sudah saya hasilkan selama kurang lebih 8 bulan mengelola blog, butuh waktu dan konsisten jika ingin serius menjalankan adsense. Karena yang paling utama dalam meningkatkan penghasilan adsense adalah trafik.

Buatlah artikel yang original menurut niche blog anda.
Buat artikel dan minimal update 1 artikel setiap hari berturut-turut dalam 3 bulan pertama.
Promosi artikel, ini tidak saya jelaskan. Sudah banyak blog yang membahas tentang cara promosi artikel.
Konsisten.
Jangan lupa untuk mengptimasi kata kunci, sebab ini juga sangat penting. Karena dengan kata kunci yang tertarget, banyak peluang untuk memunculkan artikel dan konten anda di hasil pencarian google.

Baca : Tehnik Mengolah dan Menempatkan Kata Kunci Pada Artikel

Mengalahkan persaingan di hasil pencarian google

Banyaknya persaingan artikel dan konten akan membuat anda frustasi, untuk mendapatkan peluang besar dan memposisikan artikel anda di 10 besar pencarian google. Bahkan banyak topik yang sama dan di ulas sesama blogger.

Strategi untuk berpeluang dan memenagkan hasil pencarian di google ini sudah saya bahas lengkap pada artikel sebelumnya. Intinya kita gunakan tehnik skyscraper. Tidak perlu terlalu dipikirkan secara serius jika anda bingung.

meningkatkan penghasilan adsense

Tapi satu hal yang pasti anda harus membuat artikel yang jauh lebih berkualitas, lengkap dan penjelasan yang detail melebihi kompetitor anda yang sudah memduduki peringkat SERP google.

Baca : Memenangkan Persaingan SERP Di Google Dengan Tips Sederhana Dan Pasti

Strategi meningkatkan penghasilan adsense dengan high paying keyword

Baiklah, kita sekarang masuk ke tahap yang berhubungan dengan adsense. ini juga termasuk bagian penting dalam meningkatkan penghasilan adsense. Saya akan gambarkan ilustrasinya secara sederhana saja.

High paying keyword (HPK) adalah kata kunci yang memiliki nilai CPC (Cost Per Click / biaya per klik) tinggi yang di berikan oleh pihak pengiklan atau biasa di sebut Advertiser. CPC (Cost Per Click / biaya per klik) tinggi yang di berikan oleh pihak pengiklan atau biasa di sebut Advertiser.

meningkatkan penghasilan adsense
Riset high paying keyword untuk adsense
Kita bisa gunakan beberapa tool untuk menemukan high paying keyword, beberapa tool yang sudah populer adalah SEMRush atau Wordtracker. tapi semua itu rata-rata berbayar

Kita bisa menggunakan fasilitas gratis dari google yaitu google keyword planner, Tool ini menyediakan berbagai kriteria data untuk setiap kata kunci, seperti persaingan pengiklan, volume pencarian, perkirakan biaya per klik (untuk iklan Adwords).

Tidak semua kriteria ditampilkan secara default, tetapi kita memiliki pilihan untuk mengubah kriteria atau memfilternya.

Mengapa analisa high paying keyword penting?

Kembali ke pertanyaan awal, mengapa penghasilan adsense anda kecil dan cenderung tidak meningkat? salah satu faktornya adalah tidak menerapkan penggunaan high paying keyword.

Apa itu high paying keyword dalam adsense?

High paying keyword adalah kata kunci yang banyak di perebutkan, karena nilai atau harganya yang sangat tinggi, secara logika tingkat persaingan pun menjadi tinggi, sebab banyak web atau blog mengincar high paying keyword

Salah satunya adalah untuk lebih meningkatkan pendapatan google adsense. Ini rasional, sebab persaingan produk iklan juga berlaku bagi para advertiser (pengiklan).

Dengan menganalisa dan mengetahui tingkat persaingan, kita masih mendapatkan kesempatan untuk menerapkan high paying keyword kedalam artikel atau postingan blog.

Baca : Tips Menganalisa & Mendapatkan High Paying Keyword Google Adsense

Strategi penempatan iklan untuk memaksimalkan pendapatan adsense

Penempatan iklan sangat berpengaruh tuntuk faktor meningkatkan penghasilan adsense. Bagi saya sendiri penempatan iklan adsense yang bagus adalah di area posting, karena saat pengunjung datang ke blog kita akan fokus dan melihat isi artikel. Ini sudah saya terapkan dan terbukti efektif.

Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya penghasilan adsense, karena letak serta posisi yang terbaik untuk iklan adsense adalah di tempat yang strategis. Tetapi kita juga harus menikuti aturan kebijkan penempatan iklan adsense.

Praktik terbaik untuk penempatan iklan

Selain di sidebar dan header pada template blog, saya lebih suka untuk menempatkan iklan langsung pada konten. Dan hal ini sangat mudah. Jika dalam wordpress kita bisa menggunakan plugin Quick adsense plugin ini termasuk plugin lama, tetapi sangat efektif dan sangat mudah digunakan.

meningkatkan penghasilan adsense
Cara menggunakan plugin quick adsense
Dengan plugin quick adsense kita bisa menempatkan iklan di bawah judul, di paragraf (semua paragraf), ditengah artikel dan dibawah artikel dengan sangat mudah.

Baca : Cara menggunakan plugin quick adsense

Strategi menentukan ukuran unit iklan adsense

Selain penempatan iklan, untuk mengukur dan meningkatkan penghasilan adsense adalah menentukan ukuran unit iklan. Kita bisa baca panduan Ukuran iklan tersukses di halaman bantuan adsense untuk lebih jelas.

Sebagai acuan sederhana, ukuran iklan yang lebar cenderung berkinerja lebih baik daripada iklan yang memanjang karena lebih mudah dibaca. Pembaca menyerap informasi dalam “unit pikiran”, hanya beberapa kata dalam satu waktu.

Dalam strategi ini saya memodifikasi ukuran iklan agar sesuai dengan layar perangkat yang digunakan oleh pengunjung, selain tampilan pada dekstop modifikasi iklan ini berlaku untuk penyesuaian pada layar ponsel cerdas.

meningkatkan penghasilan adsense
Image from google
Ukuran iklan berkinerja terbaik

Dibawah ini adalah unit iklan standar dari google adsense yang mempunyai kinerja yang paling baik, untuk praktik penempatan kita bisa memilih format teks dan bergambar.



Unit iklan adsense ukuran 300×250 – Cenderung memiliki lebih banyak ketersediaan inventaris iklan dari pengiklan, sehingga dapat meningkatkan penghasilan adsense bila iklan teks maupun iklan gambar diaktifkan.
Unit iklan adsense ukuran 336×280 – Ukuran iklan ini termasuk favorit saya, berkinerja baik bila disematkan dalam konten teks atau di bagian akhir artikel.
Unit iklan adsense ukuran 728×90 – Juga dikenal sebagai “kotak besar“. Cenderung memiliki lebih banyak ketersediaan inventaris iklan dari pengiklan.
Unit iklan adsense ukuran300x600 – Atau sering disebut skyscraper, atau spanduk besar. Unit iklan ini banyak ketersediaan dari inventori dan rata-rata mempunyai harga klik yang mahal.
Unit iklan adsense ukuran 320×100 – Juga dikenal sebagai “spanduk seluler besar”. Dapat digunakan sebagai alternatif untuk 320×50 dan 300×250. Iklan ini menawarkan “spanduk utama seluler”
Lihat sumber resmi

Harap di perhatikan juga tentang jumlah maksimal iklan adsense yang diperbolehkan dalama satu halaman. Ini juga penting dalam meraih dan meningkatkan pendapatan adsense. Tetapi tetap harus sesuai dengan jumlah pemasangan iklan yang sudah ditetapkan adsense dalam satu laman.

Baca : Menjawab Kontroversi Jumlah Iklan Adsense Dalam Satu Halaman Blog

Artikel di atas bisa menjawab keragu-raguan anda mengenai jumlah iklan adsense yang boleh dipasang dalam satu halaman.

Strategi Modifikasi iklan adsense

Perlu diketahui, bahwa untuk modifikasi iklan adsense ini harus sesuai dengan prosedur dan kebijakan adsense. Jadi kita tidak akan mengubah apapun dalam kode unit iklan, selain yang hanya diperbolehkan dalam ketentuan modifikasi iklan adsense.

 Ini adalah beberapa modifikasi kode iklan Adsense yang dapat diterima atau diperbolehkan oleh pihak Google Adsense :

Desain Responsif
Pengujian A/B
Menetapkan Saluran Khusus Secara Dinamis
Minimisasi Tag Iklan
Untuk modifikasi iklan adsense ini saya menggabungkan desain responsive sekaligus minimasi tag iklan dengan CSS Media. Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.

meningkatkan penghasilan adsense
ukuran iklan adsense
Dan yang paling istimewa, jika anda menempatkan ukuran iklan adsense responsive, maka hasilnya akan tampak memenuhi ruang posting (menjadi besar). Artinya iklan akan mengikuti layar sesuai area posting.

Anda bisa menemukan posting ini apada artikel dibawah ini.

Baca : Modifikasi Ukuran Iklan Adsense Menjadi Besar Sesuai Layar Dan Responsive

Strategi meningkatkan penghasilan adsense dengan saluran khusus

ni juga sangat penting dan mempengaruhi pendapatan adsense anda. Dengan membuat custom channel (saluran khusus) iklan yang kita pasang akan lebih tertarget, karena dalam saluran khusus tersebut kita hanya mengisi kategori iklan yang sesuai dengan kehendak kita.

Saluran khusus adsense ini nantinya akan di lihat oleh pihak pengiklan (advertiser) untuk lebih fokus dengan jenis iklan yang dia iklankan, sehingga akan terjadi penawaran.

meningkatkan penghasilan adsense
membut saluran khusus
Baca : Membuat Saluran Khusus Adsense Agar Iklan Lebih Maksimal

Keuntungan membuat saluran khusus adsense

Pihak pengiklan atau advertiser akan memilih dan menempatkan iklan yang sudah dia bayar untuk di tayangkan kepada blog yang benar benar sesuai dengan kategori iklannya.
Pihak pengiklan akan merasa di untungkan, karena iklannya di lihat oleh orang (pengunjung) yang tepat. Begitu juga pihak penayang iklan (publisher) akan merasa di untungkan juga, karena nilai iklan tertarget akan lebih tinggi nilai CPC nya dari pada iklan yang tidak di targetkan melalui saluran khusus.
Iklan akan tampil relevan menyesuaikan dengan artikel, ini berarti peluang untuk meningkatkan penghasilan adsense akan lebih besar. Karena iklan yang relevan mempunyai nilai klik yang tinggi.
Dapat melacaj kinerja iklan sekaligus memantau iklan mana yang kurang berpotensi baik, sehingga kita bisa menggantinya dengan unit iklan dengan ukuran baru.
Strategi Optimalkan ruang terbatas dengan unit iklan tautan

Unit iklan tautan sangat efektif untuk konten yang lebih fokus, yang pengunjungnya cenderung mencari informasi yang spesifik. Format unit tautan yang beragam juga lebih menghemat ruang, tentunya harus disesuaikan dengan desain blog anda.

meningkatkan penghasilan adsense
image from google
Unit tautan responsif

Meskipun pihak adsense sudah menyediakan unit iklan tautan dengan beberapa ukuran, alangkah bagusnya jika menempatkan unit iklan responsive. Jadi lebih menghemat ruang dan tampilannya akan menyesuaikan pada perangkat yang digunakan oleh pengunjung.

Apakah diperbolehkan menempatkan iklan unit tautan bersama iklan standar adsense?

Simak keterangan dari link bantuan adsense dibawah ini.

Kami sarankan untuk menggabungkan unit tautan ke lokasi baru dan tidak biasa di seluruh situs Anda. Perhatikan bahwa tiga unit tautan per laman dapat ditempatkan pada laman tersebut selain tiga unit iklan AdSense standar.

Baca sumber resmi

Strategi filter iklan/ mencekal iklan adsense

Baca ini terlebih dahulu sebelum melakukan filter atau mencekal iklan adsense.

Apa ini cara yang tepat untuk meningkatkan penghasilan adsense? Opsi ini memang disediakan oleh google adsense untuk tidak menampilkan jenis atau kategori iklan tertentu di halaman blog kita. Tetapi ini bukan cara yang paling tepat untuk meningkatkan penghasilan adsense.

meningkatkan penghasilan adsense

Banyak pandangan yang salah mengenai hal ini, jika kita filter iklan maka nilai iklan akan tinggi, karena hanya iklan tertentu saja sesuai dengan kategori blog yang akan tampil.

Benarkah demikian?

Nilai CPC atau BPK selamanya kita tidak akan pernah tau, sebab ini hanya rahasia antara pihak advertiser dan google. Jadi sekali lagi ini pandangan yang sangat salah dalam meningkatkan penghasilan adsense dengan cara filter iklan.

Apa yang seharusnya di filter?

Mencekal iklan menurut kategori sensitif : Anda dapat mencekal iklan dari kategori yang terkait dengan topik sensitif seperti Agama, Politik, dan Hal yang berkaitan dengan konten dewasa.

Mencekal iklan yang tidak mendukung bahasa : banyak iklan dengan bahasa lain yang berseliweran menghampiri blog kita, untuk itu kita bisa mencekal, agar iklan yang keluar lebih relevan.

Selebihnya kita tidak usah melakukan pencekalan iklan,. karena cukup dengan saluran iklan adsense kita bisa mendapat tampilan iklan yang lebih relevan di blog kita.

Studi kasus hasil laporan tentang nilai BPK iklan

Untuk meningkatkan penghasilan adsense secara realita dan konstan seperti yang sudah saya jabarkan di atas, dan yang paling penting adalah kualitas kontenharuslah di utamakan. Saya sendiri masih percaya bahwa kualitas konten adalah salah satu penentu tinggi rendahnya nilai iklan.

Di saat blog lain mengalami penurunan nilai BPK (biaya Per Klik) secara signifikan, blog ini masih bisa stabil. Walaupun anjlok pada nilai terendah, tetapi sifatnya hanya sementara saja. Ingat prioritas konten bagi pengguna adalah hal wajib. Dan tentunya harus di aplikasikan dalam membuat sebuah artikel.

meningkatkan penghasilan adsense

Nilai BPK yang stabil dan meningkat secara konstan

Dengan nilai BPK (Biaya per Klik) yang tinggi, maka kita akan berpeluang mendapatkan penghasilan adsense yang lebih tinggi. Contoh yang paling mudah saja, jika anda mendapatkan klik 10 kali dengan nilai BPK 0.03 $ maka saya akan lebih unggul penghasilan dengan jumlah 1 klik saja untuk iklan.

Catatan

Banyak sekali yang menentukan nilai iklan, di samping unit ukuran, format iklan dan ketersediaan lelang iklan. Tergantung durasi ( RPM) halaman, jika dalam waktu dekat dan bersamaan terjadi klik..bisa di pastikan BPK akan mengikuti nilai sebelumnya. (turun).

Dan jika hanya muncul banyak tampilan tanpa ada terjadi klik dalam rentang waktu lama, bisa dipastikan nilai BPK beranjak naik lagi.

Kesimpulannya nilai BPK sendiri bisa berubah-ubah dalam 1 hari. Tapi yang pasti dengan nilai BPK awal yang tinggi, maka peluang untuk mendapatkan nilai iklan akan semakin tinggi pula.

Studi kasus laporan tentang jumlah klik dalam 1 hari

Untuk berpeluang menghasilkan jumlah klik yang banyak, maka trafik blog kita haruslah memadai. Jika hanya mengandalkan trafik 500 unik visitor setiap hari, maka saya rasa itu belum cukup utnuk menghasilkan dolar yang maksimal dari adsense.

Untuk minimal trafik yang ideal adalah 1000 Unik visitor setiap hari, maka jumlah atau peluang klik akan semakin bertambah banyak. Jadi yang belum bisa meningkatkan trafiik kurang dri itu, saya sarankan untuk tetap rajin update artikelnya setiap hari.

meningkatkan penghasilan adsense

Gambar ini sebelumnya sempat saya upload ke Indonesia Adsense Publisher Discussion.

Maaf, bukan pamer atau apa. Mungkin jumlah klik ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan publisher adsense lain yang sudah master. Saya hanya memberi sedikit gambaran tentang cara mengolah konten pada blog untuk meningkatkan pendapatan adsense secara real time.

Blog ini sendiri usianya belum genap 1 tahun, jika anda bisa tengok peringkat nya cukup lumayanlah (PD banget). Karena saya mengisi dengan konten original dan terdapat beberapa artikel pilar sebagai penunjang dan penguat blog ini dari hantaman algoritma google yang silih berganti.

Kesimpulan :

Sederhana saja, untuk meningkatkan penghasilan adsense yang diperlukan adalah

konten berkualitas
Jumlah trafik blog setiap hari
Memaksimalkan iklan di blog
Sudah itu saja, jangan berpikir yang lain-lain. Yang dipikirkan adalah bagaimana hari ini menulis dan bagaimana besok menulis konten. Simpel kan….


Wasalam.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk " "

Post a Comment

Berkomentar bahwa dengan bijak
1. Jangan spam di sini.
2. Jangan berkomentar dengan bahasa yang kasar.
3. Jangan saling singgung.
4. Jangan berkomentar berbau promo grafi dan sara.