IBX5980432E7F390 Cara Membuat Blog Yang Bagus Dan Berkualitas Bagi Pemula - Blog Anjello

Cara Membuat Blog Yang Bagus Dan Berkualitas Bagi Pemula

Cara Membuat Blog Yang Bagus Dan Berkualitas Bagi Pemula - Cara membuat blog itu bagi sebagian orang adalah hal yang mudah namun membuat blog itu bukan hanya mendaftarkannnya saja, sebab kita harus bisa membuat blog yang memiliki kualitas tinggi di mata pengunjung dan google.

Membuat sesuatu itu harus membutuhkan rencana terlebih dahulu sama halnya kita membuat blog, kita membuat blog harus di dasarkan dengan keinginan, niat, dan strategi agar blog kita berkualitas.

Membuat blog itu membutuhkan strategi terlebih dahulu sebelumnya m. sebelum kita membuat kita harus memikirkan terlebih dahulu mengapa kita membuat blog ?, apa tujuan kita membuat blog ?

Cara Membuat Blog Yang Bagus Dan Berkualitas Bagi Pemula

Apabila tujuan kita membuat blog hanya untuk mengisi waktu luang atau hanya iseng - iseng saja is okelah kita bisa membuat blog dengan asal - asalan, namun apabila tujuan kita membuat blog itu serius seperti ingin membuat blog yang besar, mendapatkan uang dari blog, bisnis marketing dan sebagainya kita harus memiliki strategi terlebih dahulu untuk membuat blog.

Bagaimana blog itu dapat di pandang berkualitas ?

Blog dapat dipandang berkualitas dengan 2 point yaitu
  • Berkualitas dari segi deasin
  • Berkualitas dari segi kontent

Kedua point tersebut bisa jadi prameter dalam menentukan blog berkualitas atau tidak. Apabila blog tidak memiliki salah satu point di atas maka bisa di pastikan blog tersebut bukan blog yang berkualitas.

Mari kita bahas kedua point di atas agar kalian dapat tahu pasti tentang maksud saya menentukan 2 point tersebut untuk di jadikan prameter menentukan blog berkualitas atau tidak.

1. Berkualitas dari segi desain atau tampilan.


Cara Membuat Blog Yang Bagus Dan Berkualitas Bagi Pemula

Membuat blog harus mempunyai sruktur penempatan yang baik sebab membuat blog sama halnya kita membuat restoran agar para pengunjung betah berlama - lama di blog kita, kita harus memiliki tampilan yang bagus dan menarik

Faktor tampilan dalam kesuksesan blog sangat besar, sebab apabila blog kita memiliki tampilan yang bagus orang akan mengira blog kita adalah blog yang berkualitas meski belum tahu isinya.

Bisa kita bayangkan kita memasuki sebuah restoran yang megah dan memiliki desain instratuktur yang bagus kita pastinya akan merasa nyaman di dalam restoran tersebut dan kita juga dapat menilai bahwa restoran tersebut berkualitas tinggi.

Desain blog yang berkualitas tersebut mengaitkan beberapa hal sebagai berikut :
  • Dari segi warna
  • Dari segi tata letak
  • Dari segi kelengkapan
  • Dari segi kecepatan loading blog
  • Dari segi user frendly

Mari kita bahas satu persatu dari kelima point tersebut.

1. Dari segi warna
Warna sangatlah penting dalam mendesain tampilan blog karena pengunjung akan pertama kali akan melihat warna dari pada struktur lain, apabila warna tersebut tidak cocok atau menggangu pandangan pengunjung maka pengunjung akan malas untuk membacanya dan ingin cepat keluar dari blog tersebut.

Kita bisa membayangkan saja apabila kita membuat sebuah toko dengan warna yang gelap atau kaloborasi warna yang tidak mengenakan, maka para pembeli akan tidak tertarik untuk mendatangi toko tersebut.

Sama halnya dengan tampilan blog apabila tampilan blog kita memiliki warna yang tidak enak di pandang maka para pengunjung akan beranggapan bahwa blog kita adalah blog yang tidak berkualitas.

Tetapi kan selera orang berbeda beda ?

Maka dari itu kita harus jeli dalam memilih warna yang banyak di sukai orang lain. Namun warna apa yang di sukai pengunjung ? pengunjung akan tertarik dengan blog yang memiliki warna tampilan yang lembut seperti warna putih. Kenapa warna putih di anggap warna yang di sukai para pengunjung, sebab warna putih pengunjung akan membaca artikel kita layaknya mereka membaca buku yang sering mereka baca.

Jadi warna putih pada background teks akan membuat nyaman para pengunjung dalam membaca artikel kita dari pada background teks yang berlatar mencolok seperti hitam, merah, kuning, biru dan sebagainya.

2. Dari segi tata letak
Setalah dari segi warna point yang kedua yaitu dari segi tata letak, mengapa saya mengatakan seperti itu ? sebab apabila blog kita memiliki tata letak yang sembarangan atau kacau maka para pengunjung akan bosan dan tidak suka dengan blog kita dan ingin cepat - cepat keluar dari blog kita.

Kita bisa ilustrasikan dengan guru yang mengajar muridnya. Guru yang mengajar muridnya akan senang dan bahagia apabila melihat kelas yang jadi tempat belajar muridnya tertata rapi dan enak di pandang sama hal nya dengan blog kita apabila blog kita tersusun rapi maka orang lain akan senang berada di dalam blog kita.

Tata letak yang baik tersebut meliputi dari navigasi yang jelas, widget yang jelas, kolom komentar yang jelas, teks yang jelas dan sebagainya. Jadi intinya kalian harus mengatur blog tata letak blog kalian agar pengunjung tertarik dengan blog kalian.

3. Dari segi kelengkapan blog.
Apa saja yang lengkap akan dianggap bagus sama halnya blog kita apabila blog kita lengkap para pengunjung akan menganggap blog kita blog yang bagus dan berkualitas.

Kita bisa mengilustrasilan point ketiga ini dengan hotel, apabila hotel tersebut memiliki kelengkapan yang lengkap seperti ac, tv, kasur dan sebagainya, para pengunjung akan senang menyewa hotel tersebut.

Sama halnya dengan blog kita, apabila blog kita memiliki fitur yang lengkap para pengunjung akan senang berlama - lama di dalam blog kita.

Apa saja yang dapat di jadikan blog kita lengkap ? Yang membuat blog kita dapandang baik dari segi kelengkapan meliputi beberapa hal sebagai berikit :
  • Navigasi
  • Widget Label
  • Widget Popular Post
  • Archive Blog
  • Kolom komentar
  • Contact Us
  • About Me
  • Peta Situs Blog
  • TOS 
  • danmasih banyak lagi

4. Dari segi kecepatan loading blog
Blog adalah suatu program di internet yang membutuhkan loading untuk dapat masuk ke dalam situs tersebut. Maka dari itu untuk kenyamanan para pengunjung kita harus mempercepat loading blog kita.

Kita bisa ilustrasikan poin keempat ini dengan layanan pengiriman barang, Apabila barang yang kita kirim memiliki jangka waktu pengiriman yang cepat maka mereka yang memesan barang kita akan merasa senang dengan layanan kita.

Sama halnya dengan blog kita apabila blog kita memiliki loading yang cepat masuk ke dalam blog kita maka para pengunjung akan merasa senang telah mengunjungi blog kita.

Apa saja yang mempengaruhi kecepatan loading blog ?

Kecepatan loading blog di pengaruhi oleh beberapa hal sebagai berikut :

CSS (Cascading Style Sheet)
Apalah artinya suatu blog tanpa adanya kode CSS? Seperti yang kita ketahui, CSS merupakan jantungnya suatu blog/website yang kemudian digabungkan dengan kode HTML untuk menciptakan suatu tampilan blog yang bagus, cantik, dan menawan sehingga membuat pengunjung betah untuk duduk berlama-lama di blog/website kita. Namun, ternyata terlalu banyak kode CSS yang menumpuk di dalam blog/website kita justru akan memperlambat loading blog kita. maka dari itu sebaiknya kita menata terlebih dahulu script css agar loading blog kita cepat.

Javascript / jQuery
Penggunaan javascript/jquery biasanya dikombinasikan untuk memperoleh hasil tampilan blog yang cantik, serta menunjang beberapa performa widget, dan memberikan efek-efek tertentu yang tidak cukup diberikan oleh Kode CSS saja. Akan tetapi, penggunaan Javascript yang terlalu banyak justru akan menambah ukuran halamman blog bahkan membuat loading blog sangat berat karena penggunaan Javascript menurut saya jauh lebih riskan daripada CSS. Bisa saja dengan adanya javascript blog akan loading dengan sangat cepat, dan bisa juga justru akan menjadi beban loading blog.

Widget.
Seperti yang telah saya sebutkan di point sebelumnya bahwa widget adalah kelengkapan blog yang sangat penting agar blog kita berkualitas namun pemasangan widget yang berlabihan dan tidak penting akan memperlambat loading blog kita. Saya sendiri telah menguji kebenaran tersebut dengan memasang banyak widget dan saya tes dengan tool tes kecepatan loading blog hasilnya loading blog saya melambat derastis.

Gambar.
Gambar sangat berpengaruh dalam kecepatan blog kita sebab apabila blog kita di pasangkan gambar yang memiliki size yang besar maka otomastis loading blog kita akan melambat. maka daru itu gambar yang memiliki resolusi tinggi akan membuat loading blog kita melambat.

5. Dari segi user frendly
Apa itu user frendly ? user frendly adalah di mana blog kita dapat di akses di perangkat apapun entah itu pc, laptop, tab dan android. Banyak para penyedia tamplate yang telah tetanam user frendly dalam tamplatenya salah satunya tamlplate dari arlina design.

Apa keuntungan menggunakan tamplate yang user frendly ?

Keuntungan menggunakan tamplate yang user frendly ini sangatlah menguntugkan sebab para pengunjung tidak semuanya menggunakan pc atau laptop.

Seperti yang di lansir google bahwa dalam tahun 2015 sampai tahun 2017 internet di dominasi dengan perangkat berbasid android, maka dari itu fitur user frendly sangat di butuhkan dalam blog.

2. Berkualitas dari segi kontent


Cara Membuat Blog Yang Bagus Dan Berkualitas Bagi Pemula

Inti dari semua kualitas blog itu terdapat dari kontent yang ada pada blog tersebut, sebab apabila kontent yang di dalam blog kita bagus dan membuat para pembaca senang dengan apa yang kita sajikan maka para pembaca akan menandai blog kita sebagai blog yang berkualitas.

Banyak para blogger yang salah dalam menilah kontent tersebut, banyak yang mengira bahwa kontent yang bagus adalah kontent yang memiliki kata - kata yang banyak padahal kata - kata yang banyak bukan berarti kontent kita bagus.

Kita bisa saja membuat artikel dengan kata - kata yang banyak namun apabisa kita membuat artikel yang berkualitas dan dapat di cerna pembacanya ? tentu saja itu sangatlah sulit.

Saya lihat para blogger mementingkan kuantitas dari pada kualitas padahal penentu blog yang paling berpengaruh itu ialah dari segi kualitas kontentnya bukan kuantitas.

Banyak bloger yang memaksakan dirinya untuk membuat artikel dengan kata - kata yang panjang namun menghiraukan para pengunjungnya mengerti atau tidak dengan apa yang mereka sampaikan dan menyebabkan blog kita di tandai oleh pengunjung blog yang tidak berkualitas.

Pada point yang kedua ini saya tidak perlu memperdetail karena point yang terpentig dalam segi kontent ini adalah terdapat pada artikel yang kita buat sendiri. Buatlah artikel yang memiliki tata bahasa yang jelas dan dapat di mengerti para pengunjungnya dan tidak usah memikirkan panjang atau tidaknya artikel kita.

Naah itulah cara membuat blog yang bagus dan berkualitas untuk kalian agar blog kalian menjadi blog berkualitas bagi mata pengunjung dan google. Karena saya telah saya terlalu panjang maka saya tutup artikel ini semoga yang saya sampaikan dapat di cerna oleh kalian semua, see u.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

5 Komentar Untuk "Cara Membuat Blog Yang Bagus Dan Berkualitas Bagi Pemula"

Berkomentar bahwa dengan bijak
1. Jangan spam di sini.
2. Jangan berkomentar dengan bahasa yang kasar.
3. Jangan saling singgung.
4. Jangan berkomentar berbau promo grafi dan sara.