IBX5980432E7F390 Tips Memilih Nama Domain TLD Yang Baik Untuk Blog Kalian - Blog Anjello

Tips Memilih Nama Domain TLD Yang Baik Untuk Blog Kalian

Tips Memilih Nama Domain TLD Yang Baik Untuk Blog Kalian - Memilih domain adalah suatu hal yang penting bagi para blogger sebab domain dapat membuat blog kita lebih berkualitas dari blog lain. Namanya saja domain TLD (Top Level Domain) ya pasti akan di pandang bagus bagi semua orang di bandingkan menggunalan blogspot.

 Tips Memilih Nama Domain TLD Yang Baik Untuk Blog Kalian

Biasanya para blogger pemula tidak akan bepikiran jauh tentang mengganti domainnya ke domain TLD karena beberapa faktor yaitu:

  •  Kurang tau informasi tentang domain TLD.
  • Tidak tau fungsi dari domain TLD.
  • Tidak mampu membeli domain TLD.

Biasanya para blogger pemula hanya memikirkan artikel dan visitor saja padahal dalam dunia blogging bukan cuman buat artikel dan visitor yang harus di pahami melainkan banyak hal yang harus di pahami salah satunya domain.

Domain sangat di di sarankan untuk kalian para blogger pemula yang menginginkan blog kalian lebih keren dan berkualitas serta ingin tetap berada di dunia blogging.

Sebelum kalian membeli domain TLD alangkah baiknya kalian memahami tentang nama domain apa yang bagus untuk kalian pasang

Di sini saya akana memberikan tips cara memilih nama domain TLD untuk blog yang baik untuk blog kalian.

Pasti kalian kesusahan memilih nama domain apa yang bagus buat blog kalian bukan ? sebab itu di sini saya akan menghilangkan kesusahan kamu dalam meilih domain TLD untuk blog kalian semua, mari simak tips di bawah ini

Tips memilih nama domain TLD yang baik

1. Jangan menggunakan domain yang gratisan.
Memang apa saja yang gratisan menguntungkan namun ada dampaknya negatifnya. Banyak blogger pemula yang memilihi domain gratisan dari freenom karena gratis tanpa bayar dan mudah di pasang, namun domain TLD dari freenom seperti .TK .GA .ML dan lain - lain tersebut dapat berdampak buruk di kemudian hari.

Mengapa bisa begitu sebab domain yang di berikan gratis itu bukan domain yang diberikan untuk kalian semua selamanya namun ada batasnya paling lama 1 tahun.

Domain tersebut gratisan tersebut akan kalian perpanjang apabila masa aktif tersebut sudah habis dengan harga sama dengan domain .com, .id dan yang lainnya.

Rugi tidak sobat apabila kalian memperpanjang domain gratisan tersebut dengan harga yang sama dengan domain berbayar.

Loh kan bisa beli domain lagi yang lainnya ? Itu memang bisa sobat namun dampaknya akan berujung ke visitor kita sendiri, sebab apabila kita mengganti domain tersebut dengan domain yang lain maka url yang terindex di mesin pencarian google akan sia - sia.

Namun ada kok penyedia domain TLD .id gratis di artikel yang pernah saya buat sebelumnya Cara Mendapatkan Domain Dot .Id Gratis Dari Exabytes 2017. Domain ini bisa kalian dapatkan secara gratis selama 1 tahun dan bisa kalian perpanjang lagi atau transfer ke situs penyedia domain lainnya.

2. Jangan memilih EMD, pilihlah brandle domain.
apaitu EMD dan brandle domain ? EMD atau Exact-Match Domain adalah sebuah domain yang menggunakan kata kunci yang ditargetkan untuk mendapatkan ranking di mesin pencari.

Misalnya sobat ingin menargetkan kata kunci “Cara Membuat Kue” nah sobat bisa menggunakan Exact-Match Domain “www.cara-membuat-kue.com”

Sedangkan brandable domain adalah nama domain yang lebih mengutamakan branding ketimbang keyword. Contoh gampangnya seperti google.com, yahoo.com, facebook.com, dll.

Untuk soal EMD vs brandable domain sebenernya masih sering menjadi perdebatan di kalangan blogger. Ada yang berpendapat EMD lebih bagus karena dapat membantu meningkatkan ranking di mesin pencari, ada juga yang berpendapat kalau brandable domain jauh lebih bagus.

Saya pribadi lebih memilih menggunakan brandable domain ketimbang menggunakan domain yang semata-mata untuk mengejar keyword.

Alasan pertama karena menurut saya Exact-Match Domain sudah tidak begitu berpengaruh besar terhadap ranking di mesin pencari, khususnya Google.

Kedua karena Exact-Match Domain sangat identik dengan web-web spam dan juga web-web berkualitas rendah.

Nggak heran kalau Tahun 2012 kemarin Google mengupdate Algoritma-nya untuk mengurangi web Exact-Match Domain berkualitas rendah di hasil pencarian.

Terus apakah berarti menggunakan keyword pada nama domain itu jelek?

Nggak sama sekali, sobat tetap bisa menggunakan keyword pada nama domain asal bukan Exact-Match Domain.

Contohnya seperti website toko online tokopedia.com. Domain tersebut mengandung kata kunci “toko“, tapi tetep ada unsur brandingnya.

3. Jangan menggunakan domain trademark.
Banyak blogger yang salah memilih nama domain dengan trademaerk atau merek dagang orang lain pada nama domainnya padahal itu akan berdampak fatal pada blog kita dan bisa di tuntut oleh pemilik trademark sendiri.

misalkan kalian membuat domain bernama indomie.com dan pihak indomie mengetahui adanya domain tersebut kalian bisa di tuntut oleh perusahaan tersbut.

Bukan cuman itu google juga tidak suka dengan website yang menjuru ke promosi situs, produk, jasa dan lain - lain.

4. Memilih domain .COM, .ID, .NET dan lain - lain.
Domain adalah url yang top level jadi carilah domain yang memilik ekstensi yang tinggi seperti domain .COM dan .ID.

Mengapa saya mengatakan seperti itu sebab domain tersebut banyak di gunakan para webmaster dan memiliki nilai yang baik di mata google.

Domain .COM, .ID dan .NET banyak di kenali semua orang dan juga situs besar memilih domain tersebut seperti situs facebook, youtube, google, twitter, instagram dan lain - lain menggunakan domain tersebut.

5. Memilih domain yang unik.
Buatlah nama domain sobat seunik mungkin, jangan meniru-niru nama domain yang sudah ada.

Misalnya blog sobat membahas tentang kesehatan, maka usahakan untuk tidak menggunakan kata “dunia” pada nama domain.

Karena sejauh yang saya lihat sudah sangat banyak blog-blog kesehatan yang menggunakan kata “duniakesehatan.com” pada nama domainnya. menurut saya domain tersebut pasaran dan banyak di gunakan para blogger lainnya, saran saya kalian ubah domain tersebut seunik mungkin seperti jalankesehatan.com. jendelakesehatan.com dan masih banyak lagi.

6. Pilihlah domain yang mudah di ketik dan di ingat.
Selain kalian memilih domain yang unik, kalian harus memilih domain yang mudah di ketik dan mudah di ingat. Mengapa saya mengatakan seperti itu ?

Sebab apabila domain yang kita buat mudah di ketik dan mudah di ingat para pengunjung dapat mudah mengunjugi blog kita.

Dengan memilih domain yang mudah di ketik dan di ingat juga bermanfaat dalam meningkatkan visistor kita sebab para pengunjung akan mudah masuk ke blog kita.

Misalnya kita menggunakan nama sendiri dengan nama domain anjello.com maka para pengunjung yang telah mengunjungi blog kita dapat mudah mengingat blog kita apalagi blog kita memiliki artikel yang berkuitas.

7. Jangan milih nama domain yang lagi trend.
Memilih domain bukan seperti memilih artikel sobat, kita boleh memilih artikel yang lagi trend namun hal tersebut tidak berlaku terhadap domain.

Sebab trend akan hilang seiring berjalannya waktu dan membuat domain blog kita menjadi tidak bagus di pandang.

Memilih domain kita harus mencocokan dengan topik dari blog kita sendiri, misalnya blog kita bertopik tentang teknologi

kalian jangan memilih domain om telolet om pilihlah domain yang berhubungan dengan teknologi contohnya duniateknologi agar google beranggapan bahwa blog kita blog yang berkualitas.

8. Daftarlah domain di situs terpercaya.
Sebenarnya point yang kedelapan ini tidak ada hubungannya dengan topik di atas namun ini sangat bermanfaat bagi kalian yang berencana membeli domain.

Mengapa saya mengatakan seperti itu ?

Sebab di jaman sekarang banyak jasa pembuatan domain yang abal - abal atau penipu jadi point ke delapan ini mengingatkan kalian bahwa penipuan sekarang meraja lela di dunia maya.

jadi berhati - hatilah membeli domain ke orang lain, belilah domain di situs, situs tepercaya seperti niaga hoster, freenom, rumah hosting, exabytes dan lain lain.

Itulah tips dari saya tentang memilih nama domain yang baik untuk blog kalian. eet pasti di dari tadi kalian berfikir kenapa saya membuat artikel tentang cara mimilih nama domain yang baik namun saya malah menggunakan domain blogspot bukan ? hehehe sebab blog ini baru saya buat sendiri seminggu yang lalu jadi butuh penyesuaian terlebih dahulu. sekian dari saya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

5 Komentar Untuk " Tips Memilih Nama Domain TLD Yang Baik Untuk Blog Kalian"

  1. ane sih lebih milih brandie tld

    ReplyDelete
  2. saya lebih suka pilih domain yg miri2 sama web besar hehe

    ReplyDelete
  3. kalo idealnya panjang nama domain itu berapa huruf gan?

    ReplyDelete
  4. Kalau ane sudah pakai domain tld gan!!!

    Biayanya juga murah dan manfaatnya sangat banyak untuk Seo!!

    ReplyDelete
  5. Makasih gan, kalo gitu ane gk mau pake domain gratisan.

    ReplyDelete

Berkomentar bahwa dengan bijak
1. Jangan spam di sini.
2. Jangan berkomentar dengan bahasa yang kasar.
3. Jangan saling singgung.
4. Jangan berkomentar berbau promo grafi dan sara.