IBX5980432E7F390 Pengertian SEO On page Dan Off Page Dalam Dunia Blogging - Blog Anjello

Pengertian SEO On page Dan Off Page Dalam Dunia Blogging

Pengertian SEO on page dan off page - dalam membahas seputar dunia blogging pasti tidak akan luput dengan namannya SEO. SEO tersebut dibagi 2 yaitu SEO on page dan off page. Namun kebanyakan blogger pemula yang sedang mempelajari teknik SEO tidak tau keberadaan SEO on page dan off page, biasanya mereka lebih fokus kepada teknik SEO riset keyword saja tanpa menyadari bahwa teknik SEO bukan hanya riset keyword. SEO on page dan off page ini sangatlah penting untuk mengoptimalkan SEO blog kita namun apakah kalian sudah paham tentang pengertian SEO on page dan off page itu ?.

Pengertian SEO on page dan off page

Naah di sini saya akan membahas tentang pengertian SEO on page dan off page dalam dunia blogging. Karena teknik SEO di bagi menjadi 2 ya saya akan membagi artikel ini menjadi 2 bagian yaitu pengertian SEO on page dan pengertain SEO off page. Yuuk kita bahas lebih lanjut.

Pengertian SEO on page.
Optimasi SEO on page adalah suatu kegiatan mengoptimasi SEO yang dilakukan di dalam blog atau website kita sendiri. SEO on page ini bisa di kita ibaratkan dengan teknik dasar SEO, Mengapa saya mengatakan seperti itu ? sebab dalam mengoptimasi SEO yang harus kita lakukan ialah mengoptimasi SEO di dalam blog atau website kita. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam optimasi SEO on page yaitu :

1.Menentukan URL Domain.
Membuat suatu blog atau website yang pertama kita pikirkan ialah nama dan URL/alamat blog atau website kita. Pada saat membuat blog kita harus tau bagaimana memilih URL domain blog kita yang sekiranya dapat mendatangkan pengunjung yang berlimpah. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang cara menentukan domain TLD pada blog atau website kita, naah silahkan kalian menjelajahi blog saya ini hehehe.

Menentukan URL domain yang SEO frendly itu ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui yaitu :

  1. Nama domain yang mudah di ingat. Dengan kita menentukan nama domain yang mudah di ingat, maka pengujung yang telah mengunjungi blog kita mudah mengingat dan menandai blog kita. Hal tersebut dapat membuat blog kita lebih SEO frendly.
  2. Menyisipkan beberapa kata kunci. Kebanyakan blogger menentukan URL domainnya dengan nama yang unik dari yang lain padahal hal tersebut Malah memperburuk blog kita. Dalam menentukan URL domain kita harus menyisipkan 1 kata kunci yang relavan dengan blog kita. Contoh blog saya sendiri, saya menggunakan kata kunci blog di depannya karena saya tau menyisipkan kata kunci pada URL domain dapat meningkatkan tingkat SEO blog kita di mesin pencarian google.
  3. Menggunakan URL domain TLD. Mengapa saya mengatakan harus memiliki domain TLD untuk blog kita ? Naah saya mengatakan seperti itu karena apabila blog kita di share ke sosial media maka orang lain tidak akan ragu membuka blog kita karena blog kita memiliki URL domain yang berkualitas seperti .COM, .ID, .NET, .ORG.


2. Mengunakan Tamplate Yang SEO Frendly Dan Responsive.
Tanplate adalah Dasar mempengaruhi blog kita, karena apabila blog kita tidak memiliki tamplate maka artikel yang kita telah buat tidak dapat kita lihat. Tamplate adalah sekumpulan Kode atau script HTML saling sambung menyambung yang membentuk suatu program pada blog kita. Maka dari itu dalam optimasi SEO on page kita harus memperhatikan tamplate blog yang kita miliki sudah SEO frendly atau tidak.

Ciri - ciri tamplate blog yang SEO frendly bukan di nilai dari segi tampilan atau warna tamplate tersebut namun kita nilai dari segi peforma tamplate tersebut. Biasanya yang mempengaruhi tamplate ialah Meta Tag dan Hading. Biasanya Tamplate blog yang memiliki tingkat SEO tinggi itu memiliki Meta Tag yang bagus yang mudah di baca oleh perayap google dan juga hading tag yang tertata rapi. Hading tag ini sering di sebut H1, H2, H3, H4, H5, H6 dan seterusnya namun yang paling ampuh untuk meningkatkan SEO blog kita ialah terletak pada H1, H2, H3 tetapi bukan berati yang lainnya tidak ada gunannya.

3. Memperkaya Keyword Pada Artikel.
Teknik SEO on page yang paling ampuh dalam mendorong artikel kita ke halaman utama mesin pencarian google ialah dengan cara memperkaya kata kunci pada artikel kita. Selama ini riset keyword adalah suatu teknik yang sangat ampuh untuk menduduki halaman utama di mesin pencarian google, maka dari itu dalam teknik SEO on page kita harus melakulan riset keyword pada artikel kita.

Namun kebanyakan blogger yang baru belajar riset keyword lebih mengfokuskan ke satu kata kunci padahal dengan kita mengfokuskan dengan banyak kata kunci pada artikel kita, dapat meningkatkan traffik blog kita. Kita bayangkan saja apabila kita mengfokuskan 10 buah kata kunci pada artikel kita, pasti saat pengunjung mengetikan 10 buah kata kunci tersebut artikel kita dapat muncul di mesin pencarian google dan hal itu dapat meningkatkan traffik blog kita.

4. Memasang Internal Link Pada Setiap Artikel.
Dalam optimasi SEO on page kita harus memasang internal link pada setiap artikel kita. Saya mengatakan seperti itu bukan tanpa di dasari pengetahuan karena sejak dulu memasang internal link pada artikel kita dapat mengurangi bonce rate pada blog kita.

Apa bonce rate itu ? Bonce rate adalah pentalan pada blog kita yang mengarah keluar blog kita, jadi apabila bonce rate pada blog kita sedikit maka google mengangap artikel yang kita miliki bermanfaat dan hal itu dapat mempengaruhi tingakat SEO pada blog kita.

5. Mengoptimasi Gambar Pada Postingan.
Sebelumnya saya telah membuat artikel tentang "Cara optimasi gambar agar lebih SEO frendly". Pada artikel tidak hanya berisikan kata - kata namun harus juga berisikan sebuah gambar yang relavan sesuai topik pembahasan artikel kita. Maka dari itu kita harus mengoptimalkan gambar yang ada pada artikel kita agar lebih seo dengan memberikan ALT pada gambar postingan kita.

Penggunaan ALT text pada gambar postingan kita bertujuan untuk memberikan informasi pada gambar tersebut dan juga bertujuan untuk menghindari artikel kita tetkena robot.txt. jadi optimasi Gambar juga berpangaruh dalam teknik SEO on page.

6. Membuat Sitemap.
Sitemap atau bisa kita bilang peta situs sangat penting dalam optimasi SEO on page. Tujuan pembuatan sitemap pada blog itu untuk mempermudah pengunjung menjelajahi blog kita dan juga memperkenalkan bagain - bagian blog kita ke perayap google.

Dengan kita membuat sitemap pada blog kita, maka kita telah melakukan optimasi SEO on page pada blog kita dan juga telah menunjukan bagian - bagian blog kita pada perayap google. Di artikel sebelumnya saya telah memberkan artikel "cara membuat sitemap di blog" Silahkan kalian kinjungi artikel ini.


Pengertian SEO off page.
SEO off page adalah kebalikan dari SEO on page yaitu mengoptimasi SEO di luar blog atau website kita, jadi intinya SEO off page ini melakukan teknik SEO yang di lakukan di luar blog atau website kita. Banyak yang dapat kita lakukan di luar blog kita yang dapat meningkatkan kualitas SEO blog kita yaitu :

1. Mencari Backlink relavan.
Salah satu cara optimasi SEO off page dengan cara mencari backlink dari luar yang relavan dengan topik blog kita. Ketika kita menanam backlink di suatu forum atau website orang otomatis blog kita juga akan mendapatkan visitor dari forum dan blog tersebut namun tidak sepenuhnya. Perlu di ingat mencari backlink tidak asal - asalan tanam backlink karena apabila forum atau blog yang kita tanamkan backlink tidak relavan atau tidak bagus maka berdampak buruk kepada blog kita.

Dimana kita bisa menanam backlink tersebut ?

Kita bisa menanam backlink di forum yang sekirannya mempunyai DA PA yang tinggi agar backlink tersebut juga berkualitas dan kita juga dapat meminta ijin kepada si pemilik blog atau website untuk menanam backlink kalian ke mereka agar author tidak merasa di rugikan.

2. Berinteraksi Dengan Blogger Di Sosial Media.
Memanfaatkan sosial media yang sering kita gunakan setiap harinya juga dapat meningkatkan kualitas blog kita. Tujuan dari berinteraksi di sosial media ini sebenarnya sama dengan point pertama namun dengan memanfaatkan sosial media kita dengan mudah mencari backlink yang relavan.

Dengan bantuan sosial media juga dapat lebih mudah mencari patner backlink. Melakukan patner backlink di sarankan untuk kalian agar mendapatkan backlink yang relavan sebab apabila kita hanya spam di komentar blog dan google mengetahuinya maka dampak buruk akan di alami blog kalian.

3. Melakukan Optimasi Dengan Tool Google.
Peran tool google seperti webmaster tools sangatlah berperan penting untuk memantau perkembangan blog kita. Dengan menggunakan tool Google webmaster kita dapat mengetahui apa yanh sedang di alami blog kita dan masalah apa yang di alami blog kita. Jadu intinya mengunakan google webmaster tool ini kota dapat memantau perkembangan blog kita di mata google.

Apa hanya google webmaster tools saja ?

Tidak, Banyak tool yang dapat kita gunakan untuk optomasi SEO on page yaitu Analytics, Trends, Adwords Keyword Planner, Consumer Surveys, PageSpeed Insights, Content Experiments, Places for Business, Alerts, Tag Manager. Kalian bisa mencari sendiri informasi detail dari tool di atas.

Itulah pengertian SEO on page dan off page dalam dunia blogging. Mungkin selebihnya kalian bisa cari tau di artikel lain karena artikel ini tidak begitu lengkap. Ok sekian dari saya selamat berjumpa lagi di artikel berikutnya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Pengertian SEO On page Dan Off Page Dalam Dunia Blogging"

Post a Comment

Berkomentar bahwa dengan bijak
1. Jangan spam di sini.
2. Jangan berkomentar dengan bahasa yang kasar.
3. Jangan saling singgung.
4. Jangan berkomentar berbau promo grafi dan sara.